Jumat, 10 November 2017

Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Ginjal – TERLENGKAP

Tags


Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Ginjal ,- Bagi seseorang penderita penyakit ginjal sudah seharusnya melakukan diet atau menyeleksi asupan makanan dalam tubuh. Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh yang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kita selama hidup.

Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Ginjal

Ketika anda menderita penyakit ginjal, terdapat beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit ginjal yang wajib anda hindari dan masukkan ke dalam diet Anda. Berikut beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Ginjal, yaitu :
  • Membatasi cairan. 
  • Makn diet rendah protein. 
  • Mendapatkan cukup kalori jika anda kehilangan berat badan. 
  • Membatasi makanan yang mengandung kalium, fosfor, dan elektrolit lain.
Adapun Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Ginjal yang baik dikonsumsi penderita, yaitu :

  • Ikan
Makanan pertama yang bisa dikonsumsi penderita penyakit ginjal yaitu ikan. Dikarenakan penderita penyakit ginjal tidak boleh mengkonsumsi banyak protein. Maka dari itu, daging-dagingan seperti daging merah, ayam, udang dan lainnya dilarang untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya yaitu dengan mengkonsumsi daging ikan yang kaya akan omega 3 seperti ikan salmon, ikan makarel dan ikan tuna.

  • Putih Telur
Putih telur adalah protein murni yang memberikan kualitas tertinggi dari protein dengan semua asam amino esensial. Untuk penderita ginjal ginjal, putih telur menyediakan protein dengan fosfor kurang dari sumber protein lain seperti kuning telur dan daging. Meski demikian, tetap jangan mengkonsumsi putih telur secara berlebihan.

  • Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan sumber asam oleat, dan asam lemak anti-inflamasi. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun ini dapat melindungi tubuh terhadap oksidasi. Minyak zaitun juga kaya akan ployphenols dan senyawa antioksidan yang bisa mencegah peradangan dan oksidasi pada ginjal.

  • Yoghurt
Penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dengan asupan mineral dalam tubuh. Yoghurt bisa dimasukan menjadi salah satu mineral karena mengandung prabiotik yang dapat menyehatkan ginjal dan mengusir bakteri jahat. Namun tetap harus perlu diperhatikan takarannya.

  • Anggur Merah
Anggur merah terdapat flavonoid yang memberikan warna kemerahan. Flavonoid membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dengan mencegah oksidasi dan mengurangi pembentukan bekuan darah.
Resveratrol, sebuah flavonoid yang ditemukan dalam anggur merah juga dapat merangsang produksi oksida nitrat yang membantu relaksasi sel-sel otot di pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah. Flavonoid ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker dan mencegah peradangan pada ginjal.

  • Keluarga Barries
Aneka buah dari keluarga barries seperti strawberry, blueberry, cranberrie, redberry, dan lain – lain juga bisa menjadi salah satu menu diet penderita penyakit ginjal. Buah dari keluarga barries ini mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi, yang mana sangat baik bagi organ ginjal.
Penderita penyakit ginjal tidak bisa sembarangan mengkonsumsi buah jadi inilah salah satu buah yang aman dan bisa dikonsumsi. Selain itu buah dari keluarga barries juga dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih dan ginjal.

  • Bawang Putih
Bawang putih menjadi salah satu bahan masakan yang baik dikonsumsi penderita penyakit ginjal. Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet Anda.
Karena bawang putih sendiri dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan pada ginjal. Disarankan untuk memakannya mentah –mentah.

  • Bawang Merah
Selain bawang putih, bawang merah juga bisa menjadi bahan masakan yang baik untuk penderita penyakit ginjal. Bawang merah ini dapat menjadi penghilang racun dalam tubuh dan membersihkan ginjal. Selain itu bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita batu ginjal.

  • Paprika Merah
Paprika merah mengandung lycopene dan antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kanker tertentu dan penyakit ginjal. Untuk menyertakan paprika merah dalam diet ginjal, anda bisa memakannya mentahatau mencampurkannya sebagai salad tuna. Ini  sangat membantu untuk menyembuhkan penyakit ginjal yang sedang Anda alami.

  • Bayam
Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi akan vitamin A, C, K dan folat. Beta-karoten yang ditemukan dalam bayam pun mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi ginjal Anda. Sayur ini juga merupakan sumber yang baik dari magnesium. Dengan sering mengkonsumsi bayam maka anda akan mampu melindungi fungsi ginjal agar tetap baik dan normal.

  • Kubis
Kubis mengandung phytochemical, yaitu senyawa kimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Phytochemical berfungsi untuk memecahkan radikal bebas secara efektif. Dengan fungsi tersebut maka kubis secara efektif akan mampu membantu meningkatkan kesehatan ginjal Anda.

  • Bunga Kol
Kembang kol tinggi akan vitamin C dan merupakan sumber yang baik dari folat dan serat. Bunga kol juga tinggi akan indoles, glucosinolates dan tiosianat, senyawa yang membantu hati menetralkan zat-zat beracun yang dapat merusak membran sel dan DNA.

  • Kecambah
Kecambah atau toge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi penderita ginjal bengkak, karena dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal.

  • Aneka Rempah-Rempah
Tidak nikmat rasanya jika menyantap makanan tanpa rempah – rempah. Meski penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dalam menyantap makanan dan jumlah kalori, tetapi makanan yang dikonsumsi dan tercampur dengan aneka rempah – rempah,seperti jahe, kunyit, dan ketumbar. Di mana ketiga rempah – rempah tersebut memiliki fungsi memurnian darah, membersihkan ginjal, dan menjaga kesehatan ginjal.
Itulah Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Ginjal yang bisa anda masukkan ke dalam menu diet Anda. Baca Juga : 10 Khasiat Dahsyat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Ginjal
Bagi anda yang ingin melakukan pengobatan penyakit ginjal, kami pastikan anda berasa di website yang tepat dalam mengobati dan menyembuhkan penyakit ginjal Anda. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa kunjungi => Obat Penyakit Ginjal Tradisional
Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat & salam sehat
Posted by. Gamat Kapsul Asli


EmoticonEmoticon