Kamis, 11 Januari 2018

5 Bahaya Disentri Yang Wajib Anda Ketahui

Tags

5 Bahaya Disentri Yang Wajib Anda Ketahui

5 Bahaya Disentri Yang Wajib Anda Ketahui ,- Disentri adalah peradangan pada usus yang disebabkan oleh bakteri salmonella dan shigella. Dimana bakteri tersebut dapat menular melalui kontak langsung dengan bakteri pada feses atau melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.
Ketika bakteri masuk ke dalam tubuh, penderita biasanya akan  mulai mengalami diare yang disertai dengan darah atau lendir. Diare ini merupakan buang air besar encer dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya. Disamping itu,  gejala disentri lainnya meliputi kram perut, demam, mual, dan muntah.
Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka bakteri pun dapat menyebar dan masuk ke dalam tubuh. Apabila sudah demikian, penderita disentri harus waspada, karena disentri dapat memicu beberapa komplikasi, bahkan dapat menyebabkan kematian.

5 Bahaya Disentri Yang Wajib Anda Ketahui

1. Dehidrasi
Dehidrasi terjadi karena kehilangan cairan akibat diare dan muntah-muntah. Kondisi ini merupakan kondisi yang dapat berakibat fatal, khususnya pada anak-anak.
2. Kejang
Komplikasi lain yang dapat terjadi yaitu kejang. Jika berlangsung lama atau berulang, maka cobalah untuk memberikan antikonvulsi dengan cara pemberian daizepan intravena atau penggunaan diazepan rektal.
3. Abses Pada Hati
Kondisi ini terjadi akibat dari bakteri yang menyebar hingga ke hati. Jika tidak segera diobati, maka dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.
4. Hipokalemi
Biasanya komplikasi ini masih dapat dicegah dengan memberikan zat oralit atau memberikan asupan nutrisi yang mengandung kalium, seperti pisang, air kelapa, dan sayuran yang warnanya hijau.
5. Sindrom Hemolitik-Uremik
Apabila pemeriksaan dari lab tidak dapat dilakukan, maka kemungkinan terjadinya sindrom hemolitik-uremik pun dapat terjadi. Biasanya sering ditandai dengan memar, pucat, serta kesadaran yang menurun atau tidak ada output urin (urin yang keluar).
Demikian artikel mengenai 5 Bahaya Disentri Yang Wajib Anda Ketahui yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pembaca dan salam sehat.

5 Bahaya Disentri Yang Wajib Anda Ketahui


EmoticonEmoticon