Selasa, 09 Oktober 2018

10 Makanan dan Minuman Untuk Penderita Sindrom Nefrotik yang Harus Dihindari

Tags

Makanan dan Minuman Untuk Penderita Sindrom Nefrotik yang Harus Dihindari

Selain dengan melakukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi sindrom nefrotik, penderita juga harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat memperburuk sindrom nefrotik. Hal ini agar Pinkerton yang dilakukan akan memberikan hasil yang maksimal.

Berikut 10 Makanan dan Minuman Untuk Penderita Sindrom Nefrotik yang Harus Dihindari

1. Mengkonsumsi Nasi Secara Berlebihan
Nasi adalah salah satu makanan pokok yang banyak di konsumsi oleh orang Indonesia. Nasi mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi, dimana jumlah karbohidrat tinggi akan membuat kinerja sistem pencernaan bertambah berat, sehingga dibutuhkan banyak energi untuk mengolah karbohidrat tersebut.
Selain hasil olahan karbohidrat adalah energi sekaligus gula, yang akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula di dalam darah. Hal ini cukup berbahaya bagi penderita sindrom nefrotik karena peningkatan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan sel penyaring mengalami kerusakan.
2. Gandum
Meskipun gandum memiliki karbohidrat yang sangat bagus untuk tubuh, tapi hal ini hanya berlaku bagi orang yang sehat saja. Sedangkan bagi penderita sindrom nefrotik, gandum termasuk asupan makanan yang sulit untuk di cerna dan dapat memperburuk penyakit sindrom nefrotik.
3. Kuning Telur
Kuning telur mengandung protein yang cukup tinggi, dimana protein ini akan menyulitkan pada saat proses penyaringan racun pada ginjal. Sehingga kuning telur ini harus dihindari oleh penderita kelainan pada ginjal.
4. Makanan yang Diawetkan
Makanan yang diawetkan mengandung bahan pengawet yang memiliki beberapa zat yang tidak bisa diproses dengan baik oleh ginjal dan akan menimbulkan penyakit atau gangguan lain pada ginjal. Karena kebanyakan zat pengawet akan mempengaruhi kinerja ginjal menjadi semakin buruk.
5. Makanan yang Diasinkan
Makanan yang diasinkan juga tidak boleh di konsumsi karena kandungan garamnya yang tinggi. Pasalnya seperti yang kita ketahui bahwa penderita sindrom nefrotik harus diet dari makanan yang mengandum garam tinggi.
Kandungan garam yang tinggi dapat meningkatkan kadar sodium dan kalsium pada ginjal sehingga dapat membentuk batu ginjal atau endapan lainnya yang berbahaya bagi ginjal.
6. Makanan Berlemak
Makanan berlemak dapat membuat kondisi penderita sindrom nefrotik menjadi semakin buruk. Jika penderita tetap mengkonsumsi makanan berlemak, maka jantung dan beberapa organ tubuh lainnya dapat berfungsi tidak normal akibat kenaikan kolesterol dan tekanan darah.
7. Makanan Bersantan
Tidak kalah berbahayanya dengan makanan berlemak, makanan dengan kandungan santan tinggi juga harus di hindari penderita sindrom nefrotik. Pasalnya makanan bersantan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga membuat kinerja ginjal menjadi lebih berat.
8. Protein Hewani Berlebih
Protein hewani memang baik bagi tubuh, namun dengan kandungan protein yang berlebih dapat membahayakan hidup penderita sindrom nefrotik. Hal ini karena protein hewani dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya mengganggu ginjal, kolesterol juga dapat mengacaukan kinerja jantung penderita.
9. Minuman Bersoda
Minuman bersoda adalah salah satu minuman yang menyegarkan dan menjadi kesukaan banyak orang. Namun, minuman ini tidak baik bagi penderita sindrom nefrotik karena minuman bersoda sendiri dapat menghambat atau memperlambat kinerja ginjal dalam menyaring darah.
10. Minuman Beralkohol
Sama seperti minuman bersoda, minuman beralkohol juga harus dihindari penderita sindrom nefrotik. Setiap alkohol yang dikonsumsi membawa banyak sekali racun dan zat yang tidak aman bagi tubuh, sehingga akan tersaring oleh ginjal dan hasilnya akan tertumpuk disana.
Maka secara otomatis, proses penyaringan pada ginjal akan semakin berat. Hal ini akan membuat penderita sindrom nefrotik tidak nyaman karena cenderung akan sering merasakan sakit pada bagian pinggang.
Itulah 10 Makanan dan Minuman Untuk Penderita Sindrom Nefrotik yang Harus Dihindari. Pantangan ini bukanlah sesuatu hal yang ditujukan untuk membatasi kebebasan penderita sindrom nefrotik. Namun perlu disadari bahwa dengan adanya pantangan ini diharapkan penderita sindrom nefrotik segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasanya.

Pantangan Makanan dan Minuman Untuk Penderita Sindrom Nefrotik

 Baca Juga Artikel Lainnya :

1 komentar so far

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-Q
~domino99
~poker
~bandar66
~sakong
~aduQ
~capsa susun
~perang baccarat (new game)
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217


EmoticonEmoticon