Kamis, 02 November 2017

Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal – Sehat Itu Penting

Tags

Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal Yang Wajib Diketahui

Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal ,- Penyakit gagal ginjal tidak boleh dianggap ringan. Sebab, jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka penyakit ini akan menyebabkan komplikasi yang lebih serius.
Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Hal ini karena, apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh yang signifikan terhadap perkembangan penyakit Anda. Lalu, apa saja Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal ? Untuk mengetahuinya, simak terus artikel ini sampai tuntas.
Selain dengan pengobatan yang tepat, gagal ginjal juga memerlukan perawatan yang tepat. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan makanan yang Anda penderita gagal ginjal konsumsi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah limbah yang dibuat oleh tubuh Anda, sehingga membuat kinerja ginjal akan semakin baik.
Memperhatikan dan mengkonsumsi makanan yang benar juga dapat membantu Anda untuk menghindari gagal ginjal agar tidak berkembang menjadi gagal ginjal kronis atau gagal ginjal stadium akhir. Tentunya hal ini juga harus disesuaikan dan berubah seiring dengan perkembangan kondisi kesehatan Anda.

Apa Saja Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal Tersebut ?

Berikut beberapa Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal yang harus dibatasi atau bahkan dihindari.
1. Makanan Tinggi Protein
Tubuh memang memerlukan protein sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme tubuh. Namun, bagi penderita gagal ginjal, makanan tinggi protein dapat menyebabkan penumpukan produk limbah yang terlalu besar pada ginjal. Contoh makanan tinggi protein yaitu daging sapi dan domba, ayam, ikan, susu, dan kuning telur.
Jika Anda memiliki penyakit ginjal, makan terlalu banyak atau terlalu sedikit protein dapat membuat Anda merasa tidak seha. Untuk itu, konsumsilah makanan berprotein sewajarnya untuk membantu mengurangi beban kerja ginjal mengolah produk limbah dalam darah Anda.
2. Makanan Tinggi Natrium
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium akan mengakibatkan tekanan darah meningkat dan produksi cairan tubuh menjadi tidak aman. Kondisi ini tentu akan menyebabkan pembengkakan di area pergelangan kaki. Untuk itu, batasi makanan yang tinggi natrium seperti : garam, daging dan ikan kalengan, mie instan, dan makanan cepat saji.
3. Makanan Yang Mengandung Fosfor
Penderita gagal ginjal akan kesulitan dalam membuang kelebihan fosfor dalam tubuh, dan akhirnya akan berdampak pada kehilangan kalsium yang akan melemahkan tulang. Beberapa makanan yang mengandung tinggi fosfor adalah produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
4. Makanan Tinggi Kalium
Membatasi makanan yang tinggi kalium juga diperlukan jika Anda memiliki masalah dengan ginjal. Hal ini karena pada penderita gagal ginjal, ginjal tidak mampu mengendalikan kadar kalium dalam darah yang berlebihan. Beberapa jenis makanan tinggi kalium, yaitu kacang, labu, brokoli, wortel, buah-buahan kering, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu.
5. Makanan Berkarbohidrat Tinggi
Bagi penderita gagal ginjal, sebaiknya kurangi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, jagung, ubi, kentang, pasta, dan makaroni. Akan lebih baik, jika karbohidrat ini diganti dengan madu atau jelly, bahkan jika diperlukan dpata mengkonsumsi makanan penutup berkalori seperti kue, namun tetap batasi makanan penutup ini.
6. Makanan Berlemak
Makanan yang berlemak memang tidak baik bagi kesehatan khususnya untuk ginjal. Untuk itu, hindarilah makan berlemak seperti : daging merah, kulit ayam, jeroan, junkfood atau makanan cepat saji, mentega, susu, makanan yang digoreng dan lalin-lain.
7. Makanan Yang Berbahan Pengawet Kimia
Semua makanan yang mengandung bahan pengawet tidaklah baik, sama halnya untuk penderita gagal ginjal. Jadi, jangan mengkonsumsi makanan kaleng, mie instan, dan makanan siap saji lainnya,
8. Batasi Cairan Dalam Tubuh
Jika tubuh Anda kelebihan cairan, maka akan terjadi pembengkakan tubuh dan yang lebih membahayakannya lagi, jika cairan terakumulasi di dalam paru-paru Anda. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti sesak napas. Beberapa makanan yang bisa meningkatkan cairan dalam tubuh yaitu anggur, melon, salada, es krim, tomat, dan makanan asin.
Pada dasarnya, untuk memastikan apa saja Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, beragam pantangan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan kalori, berat badan dan kondisi Anda. Bahkan, bila perlu dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan ahli gizi.

Solusi Herbal Untuk Mengobati Gagal Ginjal Secara Alami

Bagi Anda yang mengalami penyakit gagal ginjal dan ingin melakukan penyembuhan dengan herbal. Disini kami mempunyai solusinya, yakni hanya dengan Walatra Gamat Emas Kapsul yang sudah terbukti khasiatnya dalam mengobati gagal ginjal secara alami dan aman tanpa efek samping. Silahkan KLIK DISINI untuk penjelasan lebih lengkapnya.
Terimakasih telah menyimak artikel kesehatan mengenai Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal diatas. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi jalan untuk mendapatkan kesembuhan Anda. Aminn
Simak Juga Artikel Kesehatan Lainnya :


EmoticonEmoticon