Jumat, 23 Februari 2018

Faktor Penyebab dan Bahaya Sindrom Nefrotik Yang Harus Diketahui

Tags

Faktor Penyebab dan Bahaya Sindrom Nefrotik Yang Harus Diketahui

Faktor Penyebab dan Bahaya Sindrom Nefrotik ,- Sindrom nefrotik termasuk gangguan yang menyerang organ ginjal, dimana hal ini menjadi pertanda bahwa organ ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik.
Jika tidak segera ditangani, gangguan pada ginjal ini dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius seperti gagal ginjal.
Semua orang dapat mengalami sindrom nefrotik, namun ganguan yang satu ini lebih sering dialami oleh anak-anak yang berusia antara 18 bulan hingga 8 tahun.
Kerusakan pada glomeruli merupakan penyebab utama dari sindrom nefrotik. Ada berbagai jenis penyakit atau kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kerusakan tersebut, diantaranya :
  • Perubahan minimal pada glomeruli
Kondisi ini terjadi akibat dari gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Dimana pada kondisi ini, ginjal tampak normal ketika dilihat di bawah mikroskop, namun terdapat sedikit perubahan pada glomeruli yang menyebabkan kebocoran protein. 90% sindrom nefrotik pada anak-anak disebabkan oleh kondisi ini.
  • Glomerulosklerosis segmental atau fokal
Pada kondisi ini akan terbentuk jaringan parut pada glomeruli, kemungkinan jaringan parut ini disebabkan oleh gangguan genetik atau akibat penyakit kronis lainnya. Sekitar 10% sindrom nefrotik disebabkan oleh kondisi ini.
  • Nefropati membranosa atau glomerulonefritis
Penyakit ini merupakan penyakit yang menyebabkan penebalan pada membran glomeruli dan merupakan penyebab umum sindrom nefrotik pada penderita dewasa.
  • Penyebab Lainnya
Beberapa penyebab lain yang dapat memicu sindrom nefrotik yaitu nefropati diabetes atau komplikasi ginjal akibat diabetes, lupus, anemia bulan sabit, HIV, sifilis, hepatitis, beberapa jenis kanker, atau efek samping obat-obatan tertentu, seperti  OAINS atau obat pereda infeksi lainnya.
Perlu Anda ketahui juga, sindrom nefrotik dapat menyebabkan mata dan pergelangan kaki membengkak, tubuh lemas, tidak nafsu makan, urin sedikit dan berbusa, serta tubuh akan merasa tidak enak badan.

Bahaya Sindrom Nefrotik Yang Harus Diwaspadai

Apabila tidak segera ditangani atau ditangani namun tidak tepat, maka sindrom nefrotik dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius dan mempengaruhi kesehatan Anda, seperti :
1. Terjadi penggumpalan darah
Ketidakmampuan glomeruli dalam menyaring darah dengan baik dapat menyebabkan hilangnya protein darah yang membantu mencegah penggumpalan. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko mengembangkan bekuan darah di pembuluh darah Anda.
2. Gizi buruk
Kehilangan protein darah terlalu banyak dapat menyebabkan kekurangan gizi, hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan, namun dapat tertutup oleh pembengkakan. Penderita juga mungkin memiliki terlalu sedikit sel darah merah (anemia) dan rendahnya tingkat vitamin D dan kalsium.
3. Kadar kolesterol dan trigliserida darah menjadi tinggi
Gangguan sindrom nefrotik dapat menyebabkan kadar protein terlepas ke dalam urine. Akibatnya, kadar protein albumin dalam darah pun menurun. Sehingga organ hari pun akan membuat albumin dalam jumlah berlebih. Pada saat yang sama, organ hati juga akan melepaskan lebih banyak kolesterol dan trigliserida.
4. Tekanan darah tinggi
Kerusakan pada glomeruli dan penumpukan yang dihasilkan dari limbah dalam aliran darah (uremia) dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
5. Gagal ginjal
Jika ginjal kehilangan kemampuan dalam menyaring darah karena kerusakan glomeruli, maka produk limbah dapat membangun dengan cepat di dalam darah. Jika hal ini terjadi, Anda perlu dialisis darurat, sarana buatan dan limbah ekstra dari darah yang biasanya dilakukan dengan mesin ginjal buatan (dialyzer).
Dengan demikian, jangan anggap sepele sindrom nefrotik atau ginjal bocor yang di derita. Lebih cepat ditangani, maka kesembuhan pun akan mudah di dapat.
Untuk pengobatan sindrom nefrotik sendiri, Anda dapat mulai mengkonsumsi Obat Herbal Walatra Gamat Emas Kapsul yang di rekomendasikan khusus oleh para ahli sebagai alternatif pengobatan sindrom nefrotik secara alami sampai sembuh total.
Demikian informasi mengenai Faktor Penyebab dan Bahaya Sindrom Nefrotik yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat.😊


EmoticonEmoticon