Senin, 13 November 2017

Wajib Tahu! 6 Bahaya Penyakit Ginjal Bagi Organ Lainnya

Tags

Wajib Tahu! 6 Bahaya Penyakit Ginjal Bagi Organ Lainnya

Wajib Tahu! 6 Bahaya Penyakit Ginjal ,- Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal dan memperngaruhi kinerja ginjal dalam mencuci darah, menyaring limbah tubuh serta cairan berlebih yang akan menjadi urine.
Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan gejala berupa mual, muntah, lemas, sesak napas, pembengkakan pada pergelangan kaki, kehilangan nafsu makan, perubahan dalam urine, nyeri dada, dan gatal yang tidak kunjung hilang.
Penyakit ginjal bisa terjadi akibat kondisi (penyakit) lainnya, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Artinya seseorang berisiko mengalami penyakit ginjal jika mengalami diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.
Sebagian besar penyakit ginjal menyerang nefron, yaitu bagian terpenting dari ginjal karena disinilah tempat penyaringan darah terjadi dan merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia karena mengeluarkan urine.
Jika tidak diobati dengan tepat, maka fungsi ginjal akan sepenuhnya berhenti. Hilangnya fungsi ginjal merupakan kondisi yang serius dan berpotensi fatal serta dapat menyebabkan komplikasi atau bahaya lain bagi tubuh.

6 Bahaya Penyakit Ginjal Bagi Kesehatan Organ Lain

Berikut 6 Bahaya Penyakit Ginjal Bagi Kesehatan Organ Lain yakni :
1. Peradangan Jantung
Peradangan pada jantung memang bisa terjadi ketika lapisan yang berada di sekitar jantung telah mengalami peradangan karena adanya infeksi yang berlanjut. Infeksi ini disebabkan karena ginjal tidak lagi berfungsi, kemudian membuat aliran darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh tidak akan berjalan dengan lancar.
2. Penurunan Fungsi Otot
Penurunan fungsi otot juga bisa terjadi ketika cairan dan elektrolit di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh memiliki kalium di dalam kadar yang cukup tinggi sehingga bisa saja menyebabkan berbagai komplikasi.
3. Hyperkalimea
Hyperkalimea yaitu bahaya penyakit ginjal yang terjadi ketika kadar kalsium pada organ ginjal berlebih sehingga dapat memperngaruhi fungsi jantung. Pada penderita penyakit ginjal dapat mengalami koma secara mendadak.
4. Kegagalan Pada Pernafasan
Penyakit ginjal memang bisa menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di bagian organ paru-paru. Cairan yang akan terus menumpuk pada paru-paru ini akan menghambat pernafasan, sehingga sering menyebabkan nyeri pada bagian dada dan sulit sekali untuk bernafas.
5. Kanker Ginjal
Bahaya penyakit ginjal lainnya yaitu bisa menimbulkan peradangan atau infeksi pada organ penyaring, sehingga lambat laun akan terjadi penyebaran sel kanker dalam organ ginjal.
6. Kematian
Kematian memang sangat mungkin terjadi karena adanya komplikasi penyakit ginjal yang sudah terlalu parah. Ini adalah salah satu resiko yang paling tinggi dari penyakit ginjal ini.
Demikian artikel mengenai Wajib Tahu! 6 Bahaya Penyakit Ginjal Bagi Kesehatan Organ Lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, dan jagalah kesehatan tubuh Anda karena sehat itu mahal.
Terima kasih telah berkunjung dan salam sehat
Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya :


EmoticonEmoticon