Jumat, 12 Januari 2018

8 Manfaat Mentimun Untuk Mencegah Disentri

Tags

8 Manfaat Mentimun Untuk Mencegah Disentri

8 Manfaat Mentimun Untuk Mencegah Disentri ,- Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat. Hal ini karena mentimun mengandung gula, karbohidrat, serat, dan berbagai jenis vitamin lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.
Di Indonesia sendiri, mentimun banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pemanasan (dimakan mentah), seperti rujak dan lalapan. Mentimun dapat ditemukan di mana saja dan memiliki kandungan air yang cukup banyak.
Mentimun bukanlah sebagai obat khusus yang ampuh untuk penyakit tertentu, namun kandungan mentimun memiliki serat dan vitamin yang cukup banyak, menjadikan mentimun sebagai cara aman untuk menjaga kesehatan Anda.

8 Manfaat Mentimun Untuk Mencegah Disentri

1. Detoksifikasi
Kandungan air yang ada dalam mentimun mencapai 90% dan memiliki efek yang dapat memperlancar buang air kecil, menghilangkan toxin (racun), serta membantu melunturkan bakteri yang ada di dalam usus atau kandung kemih. Dengan mengkonsumsi mentmun dapat membantu mencegah disentri dan menghindari penumpukan racun di dalam tubuh.
2. Menjaga Berat Badan Yang Sehat
Seperti yang dijelaskan tadi bahwa mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, ditambah lagi dengan kandungan seratnya yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari racun, yang dibuang melalui sistem pencernaan. Konsumsi mentimun cenderung akan mengurangi lemak secara efisien dan membuat Anda merasa lebih segar serta bisa lebih rileks.
3. Asupan Antioksidan
Mentimun memang kaya akan antioksidan yang juga terdiri dari flavonoid, apigenin, quercetin, luteolin, kaempferol, dan vitamin C. Diman kandungan antioksidan ini berperan untuk melawan pertumbuhan gejala disentri dan menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.
4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan
Masalah pencernaan seperti maag, disentri, dan bahkan tukak dapat diatasi dengan mengkonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat dalam mentmun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga meningkatkan kinerja proses pencernaan.
5. Menyegarkan Nafas
Menempatkan irisan mentimun pada langit-langit mulut Anda dapat membantu untuk membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau. Mengkonsumsi mentimun juga dapat membantu untuk melepaskan kelebihan panas dalam perut.
6. Kelola Stress
Mentimun banyak mengandung vitamin B termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B dikenal dapat membantu meringankan perasaan cemas dan beberapa efek perusak dari stress.
7. Memperlancar Air Seni
Jus mentimun merupakan salah satu diuresis terbaik untuk memperlancar air seni, yang mana juga dapat menurunkan darah tinggi. Selain itu, jenis sayuran ini juga enak dimakan serta menyehatkan tubuh.
8. Menjaga Asupan Air Bagi Tubuh
Mentimun mengandung lebih dari 90% kadar air. Sehingga dengan mengkonsumsi mentimun mampu mencegah tubuh mengalami masalah dehidrasi, yang mana merupakan komplikasi dari disentri.
Itulah 8 Manfaat Mentimun Untuk Mencegah Disentri. Selain itu mentimun juga berguna sebagai anti kanker, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Cara Menggunakan Mentimun Untuk Mencegah Disentri

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan kandungan dari mentimun ini. Bisa dengan cara mencampurkannya dalam masakan atau dijadikan sebagai lalapan.
Anda juga bisa mengolah mentimun menjadi salah dengan cara : menyiapkan 2 buah mentimun segar dan tidak terlalu tua, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil, kemudian campurkan sedikit madu murni. Mentimun dapat langsung dimakan untuk mengobati disentri.
Atau Anda juga dapat mengolah mentimun menjadi jus. Berikut cara pengolahannya :

  • Siapkan 2 mentimun sedang, gula, 1 buah jeruk lemon, dan es batu secukupnya. 
  • Lalu bersihkan mentimun dan belah menjadi 2 bagian. 
  • Ambil bagian dalam mentimun seluruhnya, sehalin dari kulit. Masukkan ke dalam blender. 
  • Masukkan air secukupnya. 
  • Peras jeruk lemon secukupnya untuk menyegarkan. 
  • Masukkan gula dan es batu secukupnya. 
  • Blender hingga halus dan tuangkan ke dalam gelas. 
  • Jus mentimun siap dihidangkan dan disantap.

INGAT .. !!! Jangan Berlebihan Dalam Mengkonsumsi Mentimun !!!

Meskipun mentimun ini memiliki banyak manfaat, namun bukan berarti boleh mengkonsumsi mentimun secara berlebihan. Karena menimbulkan efek samping seperti mengalami kebotakan karena kandungan kimia dalam mentimun.
Demikian artikel mengenai 8 Manfaat Mentimun Untuk Mencegah Disentri yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan terimakasih atas kunjungannya.
Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya :


EmoticonEmoticon