Senin, 30 Oktober 2017

10 Manfaat Dahsyat Kumis Kucing Untuk Atasi Sakit Ginjal

Tags

10 Manfaat Dahsyat Kumis Kucing Untuk Atasi Sakit Ginjal

10 Manfaat Dahsyat Kumis Kucing Untuk Atasi Sakit Ginjal ,- Tanah subur Indonesia yang subur menjadi ladang untuk bertumbuhnya berbagai mecam tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan penyakit, salah satunya yaitu tanaman kumis kucing yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat sebagai tanaman herbal untuk mengatasi penyakit ginjal.
Kumis kucing (Orthosiphon Aristatus) merupakan tanaman yang memiliki ukuran mini dengan bunga berwarna putih. Bunganya tersusun seperti pucuk cemara, yang mana pada pangkalnya terdapat benang-benang halus menyerupai kumis pada kucing.
Tanaman ini sebenarnya sangat mudah ditanam, terutama pada iklim tropis. Tipe batang dan daun agak basah ini memiliki akar tunggang yang cukup banyak kandungan di dalamnya. Maka tidak heran jika kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat herbal, khususnya untuk penyakit ginjal.

10 Manfaat Dahsyat Kumis Kucing Untuk Atasi Sakit Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui

Kumis kucing ini memiliki Kandungan zat yang luar biasa seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium yang dipercaya mampu mengatasi dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit ginjal.
Dalam pengobatan tradisional, tanaman ini sering dipakai untuk peluruh batu ginjal. Cara kerjanya sebagai diuretik, mencuci dan membersihkan saluran kencing. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalamnya juga mampu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada ginjal, kandung kemih dan saluran kencing.

Berikut ini 10 Manfaat Dahsyat Kumis Kucing Untuk Atasi Sakit Ginjal, antara lain :

1. Memperlancar Pengeluaran Air Kemih
Manfaat kumis kucing yang paling ampuh adalah untuk proses pengeluaran air kemih. Jika seseorang sulit dalam proses keluarnya air senim, itu artinya saluran kencingnya sedang mengalami infeksi. Infeksi saluran ini bisa terjadi di saluran ginjal dan kandung kemih. Dan kumis kucing ini sangat ampuh untuk mengatasi hal tersebut.
2.  Mengobati Radang Ginjal
Kumis kucing ini memiliki sifat anti-peradangan. Nah dengan sifat anti-peradangan tersebut, peradangan yang terjadi pada ginjal dapat diatasi oleh tanaman ini. Bahkan dengan adanya anti-peradangan ini, kumis kucing mampu menghambat peradangan pada ginjal sehingga peradangan tidak semakin parah.
3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Seperti yang kita ketahui, jika tekanan darah tinggi ini merupakan salah satu gejala penyakit gagal ginjal. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing setiap harinya, maka tekanan darah tinggi Anda pun akan lancar atau normal kembali.
4. Mengobati Penyakit Albuminuria
Mungkin masih sangat asing di telinga kita jenis penyakit ini. Salah satu penyebab penyakit albuminuria yaitu terjadinya infeksi pada saluran kencing dan terlalu sering berolahraga berat, yang akhirnya terjadi kerusakan pada ginjal. Untuk mengatasinya Anda bisa meminum air rebusan daun kumis kucing.
5. Mengobati Batu Ginjal
Batu ginjal merupakan salah sati penyakit saluran kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi dan obstruksi. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri, pendarahan, dan penyumbatan pada saluran kemih. Untuk mencegah penyakit ini, biasakan untuk minum air putih yang cukup dan meminum ramuan daun kumis kucing dengan rutin.
6. Melarutkan Fosfor
Daun kumis kucing mengandung senyawa glikosida orthosiponin yang berfungsi untuk melarutkan fosfor yang tertinggal ketika urin keluar. Fosfor yang mengendap akan membuat ginjal tidak bekerja secara normal karena tersumbat.
7. Peluruh Kencing
Tanaman kumis kucing memiliki sifat diuretic yang artinya bisa meningkatkan kadar urin dalam tubuh. Pengeluaran urin secara normal dan terus menerus akan meluruhkan endapan yang tersisa.
8. Mengatasi Infeksi Saluran Kencing
Kandungan yang terdapat dalam tanaman kumis kucing mampu membersihkan saluran kencing sehingga sisa endapan bisa di keluarkan bersama urin. Infeksi terjadi karena saluran kencing tertutup oleh endapan yang kemudian berubah menjadi batu.
9. Mengobati Infeksi Ginjal
Infeksi pada ginjal terjadi karena endapan pada ginjal sudah berubah menjadi batu. Jika terus dibiarkan dan tidak segera diobati, batu ini kemudian akan menginfeksi ginjal dan menimbulkan peradangan. Konsumsi ramuan daun kumis kucing akan membantu Anda dalam mengobati infeks ginjal ini.
10. Mengatasi Nyeri Ketika Kencing
Rasa nyeri ketika kencing biasanya terjadi karena sering menahan kencing. Sifat diuretic yang dimiliki daun kumis kucing dapat memperlancar air seni dan kemudian akan luruh bersama urin yang dibuang. Nyeri ketika kencing umumnya disebabkan karena saluran kandung kemih tertutup oleh batu.
Itulah 10 Manfaat Dahsyat Kumis Kucing Untuk Atasi Sakit Ginjal yang dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengatasi sakit ginjal yang mungkin Anda derita.
Lalu Bagaimana Cara Membuat Ramuan Kumis Kucing Ini ?
Hampir semua bagian tanaman kumis kucing dapat dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, hingga batang. Daun merupakan bagian yang paling banyak digunakan sebagai ramuan teh. Dapat dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering. Dalam prakteknya, teh atau ramuan kumis kucing ini sering kali dicampurkan dengan berbagai jenis herbal lainnya.
Untuk pengolahan tanaman kumis kucing bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Siapkan daun kumis kucing secukupnya dan cuci hingga bersih. 
  • Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. 
  • Minum air rebusan tersebut 2-3 kali sehari untuk memperoleh hasil maksimal. 
  • Meminumnya masing-masing setengah gelas, yang mana di konsumsi ketika pagi, siang dan juga malam hari sebelum tidur. Pada malam hari sebelum tidur sangat efektif untuk membantu memulihkan keadaan ginjal seperti sediakala.
Demikian artikel mengenai 10 Manfaat Dahsyat Kumis Kucing Untuk Atasi Sakit Ginjal. Semoga bermanfaat untuk menambah pengatahuan Anda dalam menjaga kesehatan Anda. Pola hidup yang sehat juga akan lebih membantu Anda, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat Mencoba.
Posted by : Gamat Kapsul Asli


EmoticonEmoticon