Jumat, 08 Desember 2017

Wajib Tahu! 8 Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Tags

Wajib Tahu! 8 Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

8 Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC ,- Penyakit TBC merupakan salah satu penyakit menular yang telah membunuh jutaan orang di dunia dalam setiap tahunnya. Penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberkulosis ini menyerang organ paru-paru yang dapat dengan mudah menyebar ke organ lain melalui aliran darah.
Penyakit ini juga memiliki penanganan khusus untuk mengatasinya. Meski demikian, beberapa langkah pencegahan terhadap penyakit TBC ini sangat dianjurkan untuk dilakukan, utamanya jika terdapat orang yang menderita TBC laten positif, yaitu bentuk TBC yang tidak menular dan menyerang hingga 1/3 populasi manusia di dunia.

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Cara mencegah penyakit TBC ini bisa dilakukan mulai dari menjaga kesehatan serta menerapkan pola hidup yang sehar. Lingkungan yang kotor dan tidak sehat merupakan sarang bakteri Mycobacterium Tuberkulosis untuk berkembang. Berikut cara pencegahan penyakit TBC yang bisa Anda lakukan di rumah :
1. Menghindar Dari Penderita TBC
Untuk mencegah penyakit TBC, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindari penyebarannya. Salah satunya yaitu dengan tidak berdekatan dan berkomunikasi dengan penderita TBC, utamanya jika penderita tersebut adalah orang yang sudah positif TBC laten.
Ingat penyakit TBC menular melalui media udara yang sulit untuk kita hindari. Namun jika Anda terpaksa berhubungan dengan penderita TBC, usahakan Anda untuk menggunakan masker agar terhindari dari menghirup bakteri TBC.
2. Memulai Gaya Hidup Sehat
Pola hidup yang buruk memiliki risiko tinggi terkena bakteri TBC, dibandingkan dengan orang-orang yang menjaga gaya hidupnya agar tetap teratur. Untuk itu, cara mencegah penyakit TBC yang paling efektif adalah dengan melakukan pola hidup sehat, diantaranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak.
3. Jaga Kesehatan Organ Paru Paru
Selain memulai gaya hidup sehat, Anda juga harus selalu menjaga kesehatan organ paru paru. Salah satunya dengan cara menghindari rokok. Bagi Anda perokok aktif maupun perokok pasif, sebisa mungkin berhendi merokok dan hindari asap rokok karena hal ini dapat merusak organ paru paru Anda. Selain itu, hindari pula minuman beralkohol karena tidak baik bagi kesehatan dan dapat merusak organ paru-paru.
4. Mengetahui Jika Anda Berisiko
Penting bagi kita untuk mengetahui faktor risiko menderita penyakit TBC. Untuk lebih mengenal penyakit ini, Anda bisa mengetahui faktor risiko terkena penyakit TBC, diantaranya :
  • Orang yang sering merokok. 
  • Para pecandu narkoba dan peminum alkohol. 
  • Orang yang hidup bersama penderita penyakit TBC. 
  • Orang yang tinggal di tempat terbatas seperti panti jompo. 
  • Para turis yang tinggal di daerah yang memiliki penyakit TBC. 
  • Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti penderita HIV/AIDS.
5. Mengetahui Gejala-Gejala Penyakit TBC
Dengan mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit TBC, Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar terhindar dari penyakit ini. Karena Anda mengetahui orang-orang mana yang menderita penyakit TBC. Berikut beberapa gejala umum penyakit TBC, yaitu :
  • Keinginan makan dan berat badan turun. 
  • Kondisi fisiki semakin lemah disertai dengan perasaan tidak enak. 
  • Batuk-batuk (terkadang disertai denga darah) yang berlangsung selama lebih dari 3 minggu.
6. Istirahat Yang Cukup
Sebisa mungkin untuk mendapatkan istirahat yang cukup, khususnya bagi Anda para pekerja keras. Karena dengan tidur dan istirahat yang cukup bisa memberikan kekuatan dan kesehatan pada badan Anda sehingga tidak mudah terserang bakteri penyakit TBC.
7. Dapatkan Vaksinasi BCG
BCG (Bacille Calmette Guerin) adalah vaksin yang digunakan sebagai cara mencegah penyakit TBC secara efektif. Biasanya vaksin ini diutamakan untuk anak-anak. Meski demikian, vaksin ini tidak di rekomendasikan untuk dijadikan imunisasi rutin. Hanya dalam beberapa keadaan masyarakat Amerika dan negara-negara lainnya ditekankan untuk menggunakan vaksin ini.
8. Melakukan Tes
Tes sangat penting untuk dilakukan, karena jika Anda mengetahui lebih dini jika Anda positif menderita TBC laten, penanganan akan semakin lebih efektif. Tes ini dilakukan dengan 2 cara yaitu tes darah dan tes kulit tuberculin.
Itulah 8 Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC yang bisa Anda lakukan sendiri sejak dini. Diharapkan dengan langkah-langkah pencegahan tersebut, angka penderita penyakit TBC akan berkurang setiap tahunnya.
Langkah pencegahan ini juga tentu saja menjadi hal yang paling utama, karena ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga informasi mengenai Wajib Tahu! 8 Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua. Jaga selalu kesehatan Anda dan salam sehat.🌝

Baca Juga :


EmoticonEmoticon