Rabu, 11 Oktober 2017

Kenali Lebih Banyak Lagi Penyebab Hipertiroid

Tags



Kenali Lebih Banyak Lagi Penyebab Hipertiroid

Kenali Lebih Banyak Lagi Penyebab Hipertiroid ,- Hipertoroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid membuat dan melepaskan lebih banyak hormon tiroksin lebih dari kebutuhan tubuh. Dokter bisa mengatakan kepada penderitanya, bahwa ia memiliki tiroid yang terlalu aktif.
Tiroid adalah organ yang berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di bawah jakun. Organ ini berfungsi untuk memproduksi hormon tiroksin. Hormon tiroksin sendiri berfungsi untuk memproses metabolisme makanan menjadi energi, mengendalikan pertumbuhan, mengatur suhu tubuh, mengontrol produksi protein, serta mempengaruhi denyut jantung.
Jika tubuh memiliki hormon tiroksin yang berlebihan maka metabolisme tubuh pun akan tinggi. Sehingga tubuh akan lebih banyak mengeluarkan energi yang ditandai dengan tubuh yang sering berkeringat, tidur yang sulit, BAB menjadi sering, detak jantung yang terlalu cepat dan penurunan berat badan meskipun makanan yang dimakan sudah cukup banyak.

Penyebab Hipertiroid Yang Perlu Diketahui

Kelenjar tiroid memproduksi 2 jenis hormon yaitu triiodotiroin (T3) dan tiroksin (T4). Setiap hormon bergungsi untuk mengatur sel dna cara kerja tubuh. Biasanya kelenjar tiroid akan memproduksi hormon dalam jumlah yang tepat. Namun dalam kondisi tertentu, produksi hormon dapat dilakukan secara berlebih, terutama tiroksin (T4).
Banyaknya hormon tiroksin yang diproduksi kelenjar tiroid dalam tubuh dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

  • Penyakit Graves

Penyakit graves ini merupakan penyakit yang lebih banyak terjadi karena faktor keturunan yang dapat menyerang orang pada usia berapa pun, utamanya lebih sering menyerang pada wanita usia 20-40 tahun. Hipertiroid yang dialami oleh manusia, kebanyakan disebabkan adanya penyakit graves di dalam tubuh.
Graves ini akan menyebabkan produksi hormon tiroksin lebih banyak dan semakin banyak, sehingga akan mengakibatkan hipertiroid. Penyakit graves ini juga dapat mengakibatkan pandangan mata menjadi kabur serta gejalanya akan membuat bola mata yang akan terlihat menonjol keluar.

  • Nodul Tiroid

Nodul tiroid adalah gumpalan yang terbentuk di dalam kelenjar tiroid. Meskipun gumpalan ini tidak mempunyai sifat seperti tumor, tetapi dapat berdampak kepada peningkatan produksi tiroksin dalam tubuh dan berakibat pada hipertiroid, khususnya pada penderita berusia diatas 60 tahun.

  • Tiroiditis

Tiroiditis adalah peradangan pada kelenjar tiroid yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau ketika tubuh memproduksi antibodi yang bisa merusak kelenjar tiroid. Kerusakan ini bisa menyebabkan kebocoran hormon tiroksin yang akhirnya bisa menyebabkan hipertiroid.

  • Tumor Adenorma Pada Kelenjar Hipofisis

Tumor adenorma merupakan tumor jinak yang tumbuh pada kelenjar hipofisis atau pitutary, yaitu kelenjar yang terletak di dasar otak. Tumor ini bisa memperngaruhi tingkat produksi hormon tiroksn.

  • Konsumsi Yodium Yang Berlebihan

Yodium di dalam tubuh digunakan untuk membuat hormon tiroksin melalui proses peleburan di dalam tubuh. Jika seseorang mengkonsumsi yodium atau makanan beryodium dalam jumlah banyak / berlebihan, maka akan menyebabkan produksi hormon tiroksin di dalam tubuh terlalu banyak sehingga akan terjadi hipertiroid.

  • Kehamilan

Ketika wanita hamil, ia akan mengalami peningkatan kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini bisa memicu terjadinya hipertiroid, khususnya pada kehamilan kembar dan pada kasus hamil anggur, dimana terdapat kadar hCG yang tinggi.

  • Kanker Tiroid

Kanker tiroid tergolong sangat langka. Jika sel-sel yang mengalami keganasan mulai menghasilkan banyak hormon tiroksin, maka penderitanya dapat mengalami hipertiroid. Kondisi ini umumnya menyerang penderita berusia 30 tahun ke atas.

  • Efek Samping Obat

Obat tertentu juga ada yang mempunyai efek samping meningkatkaan produksi hormon tiroksin. Makanan atau suplemen yang mengandung iodine merupakan makanan untuk memproduksi hormon tiroksin. Jika kebanyakan mengkonsumsi makanan yang mengandung iodine maka akan menyebabkan hormon tiroksin terlalu banyak yang akhirnya akan menyebabkan hipertiroid di dalam tubuh.
Selain jenis kelamin dan keturunan, terdapat faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami hipertiroid. Orang yang memiliki penyakit autoimun, seperti diabetes tipe 1 dan penyakit addison lebih berisiko terkena penyakit ini. Perokok juga akan berisiko menderita penyakit graves yang secara tidak langsung dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertiroid.

Komplikasi Hipertiroid

Penderita hipertiroid berisiko mengalami komplikasi, jika kondisinya tidak segera ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, diantaranya :
  • Gagal jantung kongestif.
  • Irama jantung tidak teratur (fibrilasi atrium).
  • Krisis tirotoksik yaitu tiba-tiba memburuknya gejala hipertiroid yang bisa mematikan jika tidak segera diobati.
  • Osteoporosis dan patah tulang (hipertiroid dapat menyebabkan tulang Anda kehilangan kalsium cepat dari biasanya).

Pengobatan Hipertiroid

Dalam mengobati hipertiroid, dokter biasanya akan menyarankan 2 jenis pengobatan yaitu konsumsi obat anti-tiroid dan terapi yodium radioaktif. Jika obat anti-tiroid diresepkan guna menghambat sintesis hormon tiroid, sedangkan terapi yodium radioaktif dipilih untuk mengahancurkan sel-sel tiroid.
Namun perlu diingat kedua pengobatan tersebut dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh. Salah satu efek samping yang ditimbulkan yaitu menurunnya jumlah sel darah putih, yang akibatnya akan menyebabkan pusing, mual, sakit persendian, nyeri perut dan ruam kulit yang gatal.
Jika dua jenis pengobatan tadi, justru memberikan efek negatif dan memperburuk kondisi penderita. Maka pengobatan selanjutnya yang bisa ditempuh yaitu dengan menjalani operasi pengangkatan tiroid (sebagian atau seluruh kelenjar).
Kebanyakan orang yang melakukan operasi ini mengalami tiroid yang kurang aktif dan perlu mengkonsumsi obat hormon tiroid pengganti (sintesis) selama sisa hidup.

INFORMASI PENTING YANG HARUS DIKETAHUI ANDA !!!

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan prosedur operasi, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali pengobatan yang Anda tempuh tersebut. MENGAPA ? Karena bukan hanya operasi saja, pengobatan terakhir yang bisa penderita hipertiroid lakukan. Namun juga ada alternatif lain yang bisa Anda penderita hipertiroid tempuh.
Dan altenatif pengobatan hipertiroid yang bisa Anda tempuh yaitu dengan mengkonsumsi Walatra Gamat Emas Kapsul, obat herbal alami ekstrak teripang emas yang kaya akan kandungan berkhasiat dan sangat membantu dalam menyembuhkan hipertiroid dengan cepat dan efektif.
Walatra Gamat Emas Kapsul ini merupakan produk herbal terobosan terbaru ASLI INDONESIA, rekomendasi para ahli kesehatan untuk dijadikan sebagai alternatif pengobatan dalam menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang tubuh, baik itu ringan maupun berat termasuk untuk menyembuhkan penyakit hipertiroid ini.
Walatra Gamat Emas Kapsul ini memiliki efektifitas yang mampu menstabilkan kinerja kelenjar tiroid, menlancarkan aliran darah penderita, mengaktifkan pertumbuhan dan aktifitas sel/jaringan tubuh, meregenerasi/memulihkan sel dan jaringan tubuh yang rusak dengan sangat cepat, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Untuk lebih lengkapnya mengenai Walatra Gamat Emas Kapsul ini. Anda bisa langsung mengunjungi link dibawah ini :

Obat Hipertiroid Herbal Paling Ampuh Tanpa Operasi
Demikian artikel mengenai Kenali Lebih Banyak Lagi Penyebab Hipertiroid yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda tentang penyakit hipertiroid.
Terimakasih Telah Berkunjung Dan Salam Sehat 😉
Dipersembahkan oleh : gamatkapsulasli.com


EmoticonEmoticon